Langsung ke konten utama

Kebutuhan Kalsium Tubuh-Body Calcium Needs

Manfaat Kalsium bagi tulang dan gigi sangat penting, tak heran jika 99% Kalsium digunakan untuk membentuk sel-sel tulang dan gigi.
Sedangkan 1% Kalsium di luar tulang berfungsi untuk, menstabilkan tekanan darah, mengoptimalkan sistem syaraf dan produksi hormon, menjaga kesehatan otot dan jantung, serta penyembuhan luka.

Jika 1% Kalsium itu tidak tercukupi, tubuh akan mengambil Kalsium dari tulang. Proses ini menyebabkan tulang rapuh dan risiko osteoporosis meningkat. Hal inilah yang membuat para ahli kesehatan menganjurkan agar kita mengonsumsi cukup Kalsium.

Berapa banyak dibutuhkan?
Kadar Kalsium yang dibutuhkan setiap orang berbeda, sesuai pertambahan usia. Hal ini disebabkan pertumbuhan tulang dan gigi di setiap tahapan usia berbeda.
Kadar Kalsium Harian (KKH) yang disarankan adalah:

Kadar Kalsium Harian (KKH) yang disarankan adalah:

Usia

KKH

1 - 3

500 mg

4 - 8

800 mg

9 - 18

1300 mg

19 - 50

1000 mg

51 +

1200 mg

Saat hamil & menyusui

1000 mg



Makanan mengandung Kalsium

Kalsium dapat ditemukan dalam bahan makanan sehari-hari.Makanan yang mengandung Kalsium dan disarankan para ahli, adalah: susu; makanan olahan susu, seperti; yogurt dan keju; kedelai dan makanan olahan kedelai, seperti; tahu dan tempe; sayuran hijau; ikan sardin; ikan laut dalam; dan makanan yang diperkaya Kalsium, seperti; serealia dan jus.
So, jangan lupa menyisipkan salah satu jenis makanan ini dalam menu harian agar kebutuhan Kalsium tubuh selalu terpenuhi.

Postingan populer dari blog ini

Kandungan nutrisi di balik warna sayur & buah-Nutritional behind the color of vegetables & fruits

Warna pada buah dan sayur bukanlah sekadar pembeda jenis antara buah dan sayur yang satu dengan lainnya. Lebih dari itu, warna buah dan sayur ternyata merupakan informasi kandungan nutrisinya. Jadi, pilihan buah dan sayuran Anda optimal memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sebaiknya kenali informasi yang ada di balik warna-warnanya. Merah tua atau ungu Buah dan sayur berwarna merah tua bahkan hampir mendekati ungu umumnya mengandung anthocyanin. Sejenis antioksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah, sehingga risiko penyakit jantung dan stroke, berkurang. Buah dan sayur berwarna merah tua atau ungu, antara lain: Cherry, blackberries, blueberries, plum, prem, anggur merah dan ungu, terong ungu, apel merah, kol ungu, pir merah dan cabai merah. Merah Buah berwarna merah mengindikasikan kandungan antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar Anda tid

Mengurangi Sampah Plastik-Reduce Plastic Waste

Tahukah anda diperkirakan bahwa 500 juta sampai 1 milyar kantong plastic dikonsumsi diseluruh dunia setiap tahunnya. Ini berarti bahwa hamper mencapai 1 juta kantong plastic per menit. Bayangkan betapa banyak sampah yang kita hasilkan dan tentunya hal ini menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan kita. Sebuah tayangan di TV menyatakan bahwa satu tas plastic itu setara dengan penggunaan bahan baker minyak untuk menjalankan mobil kecil sejauh 115 meter, dapat dibayangkan berapa energi yang dapat kita hemat seandainya kita tidak menggunakan kantong plastic. Bahkan beberapa Negara di dunia telah memberlakukan peraturan mengenai penggunaan kantong plastic misalnya irlandia memperkenalkan “plastax” 15 sen pada tas plastic sehingga mengurangi penggunaan bahan itu sebesar 90%. Denmark telah merintis hal ini jauh dimasa lampau, yaitu pada tahun 1994 dengan memberlakukan sebuah pajak dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan tas-tas kertas dan plastic sebesar 66%. Pada tahun 2005, para ang