Langsung ke konten utama

Tujuh Rahasia Diet Sehat-Seven Secrets of Healthy Diet

Sudahkah Anda melihat Petunjuk Pelaksanaan Diet USDA yang baru? Isinya sangat konservatif, tentu jika yang ingin Anda capai adalah mendapatkan kesehatan yang optimal. Namun sebelum merasa ‘terkekang’ dengan aturan-aturan tersebut, cobalah melakukan improvisasi berikut ini:

1. Turunkan berat badan jika perlu.
Hal ini harus menjadi prioritas kesehatan yang paling utama. Pasalnya, setiap kilogram kelebihan berat badan dapat mempertinggi risiko Anda untuk terserang berbagai penyakit. Misalnya kanker, stroke, jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan radang sendi.


Menurut penelitian di Pusat Penelitian Obesitas New York, Rumah Sakit St. Luke-Roosevelt, New York, bubur gandum dapat membantu menjaga selera makan Anda tetap terkendali. Mengonsumsi bubur gandum sebagai sarapan membuat Anda cenderung mengasup kalori 30% lebih rendah pada saat makan siang.
2. Jangan hanya duduk dan berdiam diri.
Jika Anda ingin mengurangi berat badan atau mempertahankan berat badan saat ini, sisihkan waktu minimal 45 menit setiap harinya untuk beraktivitas. Hal ini juga dilakukan oleh setiap orang dewasa di Amerika.

3. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur.
Seandainya dapat menghadiri konferensi tentang penelitian kanker, Anda mungkin bisa melihat para ilmuwan dengan piring makan siang mereka yang penuh dengan berbagai macam sayur dan buah. Anda pun tahu bahwa sayur dan buah bermanfaat bagi kesehatan. Akan lebih mudah dan nikmat makan sayur dan buah sembilan porsi sehari daripada satu porsi timbunan sayur dan buah.
4. Dapatkan lebih banyak “lemak baik”.
Ini berarti lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, dan selai kacang. Selain itu juga lemak omega-3 yang terkandung dalam kacang kenari, minyak canola, dan lemak ikan misalnya ikan salmon. Hindari lemak jenuh seperti yang terkandung dalam burger keju.
5. Kurangi gula.
Setiap hari, rata-rata kita mengonsumsi tambahan gula sebanyak 21 sendok teh. Sebagai permulaan, cobalah untuk mengganti minuman soda Anda dengan es teh tanpa gula atau dengan menambahkan sedikit madu sebagai pengganti gula.
6. Beralihlah ke makanan yang mengandung gandum sekarang juga.
Dewasa ini kita cenderung mengonsumsi tepung yang dihaluskan (makanan yang mengandung tepung putih). Menurut data, peluang terserang kanker payudara dan diabetes lebih banyak ditemukan pada wanita banyak mengonsumsi “roti putih” dibandingkan roti gandum.
7. Jika anda termasuk kategori orang yang mengkonsumsi minuman berakohol, cobalah untuk hanya meminumnya sedikit saja.
Apakah anda tahu peraturan mengonsumsi minuman beralkohol: sekali bagi wanita dan dua kali bagi pria dalam sehari? Itu pun rasanya sudah terlalu banyak. Sebuah penelitian baru-baru ini pada lebih dari 40,000 orang dewasa menemukan bahwa risiko kematian terkecil ditemui pada wanita yang rata-rata minum alkohol kurang dari sekali per hari dari pada para pria yang rata-rata mengonsumsi kurang dari dua kali per hari.

Bagaimana dengan teh dan kopi? Penelitian terhadap 92 wanita paska-menopause di Pennsylvania menyatakan bahwa jumlah kafein yang mereka peroleh (terutama dari kopi, teh, dan minuman bersoda) tidak mempengaruhi kepadatan tulang atau rata-rata berkurangnya massa tulang selama lebih dari dua tahun.
Sementara para ilmuwan yang mengatakan bahwa teh dapat mencegah serangan jantung dan kanker saat ini berpendapat bahwa teh juga mampu mencegah osteoporosis. Dalam penelitian terhadap 1,256 wanita usia 65-76 tahun, mengonsumsi sedikitnya satu cangkir teh sehari meningkatkan kepadatan tulang sebanyak 5%. Ini juga berarti berkurangnya risiko patah tulang antara 10-20%. Penelitian tersebut dilakukan di Universitas Cambridge, School of Medicine, Inggris.


Postingan populer dari blog ini

Kandungan nutrisi di balik warna sayur & buah-Nutritional behind the color of vegetables & fruits

Warna pada buah dan sayur bukanlah sekadar pembeda jenis antara buah dan sayur yang satu dengan lainnya. Lebih dari itu, warna buah dan sayur ternyata merupakan informasi kandungan nutrisinya. Jadi, pilihan buah dan sayuran Anda optimal memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sebaiknya kenali informasi yang ada di balik warna-warnanya. Merah tua atau ungu Buah dan sayur berwarna merah tua bahkan hampir mendekati ungu umumnya mengandung anthocyanin. Sejenis antioksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah, sehingga risiko penyakit jantung dan stroke, berkurang. Buah dan sayur berwarna merah tua atau ungu, antara lain: Cherry, blackberries, blueberries, plum, prem, anggur merah dan ungu, terong ungu, apel merah, kol ungu, pir merah dan cabai merah. Merah Buah berwarna merah mengindikasikan kandungan antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar Anda tid

Mengurangi Sampah Plastik-Reduce Plastic Waste

Tahukah anda diperkirakan bahwa 500 juta sampai 1 milyar kantong plastic dikonsumsi diseluruh dunia setiap tahunnya. Ini berarti bahwa hamper mencapai 1 juta kantong plastic per menit. Bayangkan betapa banyak sampah yang kita hasilkan dan tentunya hal ini menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan kita. Sebuah tayangan di TV menyatakan bahwa satu tas plastic itu setara dengan penggunaan bahan baker minyak untuk menjalankan mobil kecil sejauh 115 meter, dapat dibayangkan berapa energi yang dapat kita hemat seandainya kita tidak menggunakan kantong plastic. Bahkan beberapa Negara di dunia telah memberlakukan peraturan mengenai penggunaan kantong plastic misalnya irlandia memperkenalkan “plastax” 15 sen pada tas plastic sehingga mengurangi penggunaan bahan itu sebesar 90%. Denmark telah merintis hal ini jauh dimasa lampau, yaitu pada tahun 1994 dengan memberlakukan sebuah pajak dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan tas-tas kertas dan plastic sebesar 66%. Pada tahun 2005, para ang