Langsung ke konten utama

Coklat Hitam Cemilan Sehat Untuk Perokok !-Dark Chocolate Healthy Snacks For Smokers!

Coklat makanan favorit semua orang, namun coklat tak hanya nikmat di lidah, tapi juga mengandung segudang khasiat, terutama untuk para perokok. Tapi tunggu dulu, bukan coklat manis dan legit seperti coklat praline / cokelat praline, dll yang akan kita bahas, namun coklat pahit atau lebih akrab disebut coklat hitam (dark chocolate).

Memang mengkonsumsi satu atau dua potong cokelat pahit atau hitam tak hanya membuat orang meringis, tetapi juga bisa membantu para perokok menghindari penyakit jantung, seperti hasil penelitian di Swiss beberapa bulan lalu.

Para peneliti di Rumah Sakit Universitas Zurich menguji 20 perokok yang diminta mengkonsumsi 40 gram cokelat hitam. Dari penelitian tersebut ditemukan cokelat hitam dengan kandungan kokoa yang relatif tinggi (sekitar 75 persen) bisa memperbaiki sirkulasi darah mereka secara signifikan, tulis pengkajian yang dilansir jurnal medis Inggris, Heart. Tentunya jangan sampai anda menjadi candu terhadap aneka coklat lain, seperti cake coklat / cake chocolate. Jenis coklat seperti itu (aneka cake coklat, chocolate praline, dsb) tidak direkomendasikan di sini.

Kabarnya, efek yang ditimbulkan bisa berlangsung hingga delapan jam selain juga akan memicu peningkatan anti-oksidan yang bermanfaat bagi tubuh, sementara itu zat berbahaya yang dapat menyebabkan penggumpalan darah juga berkurang. (Coklat jenis lain seperti coklat praline/chocolate praline, es coklat, dll mungkin ditahan dulu)

Dalam hal ini para perokok dianggap sebagai orang yang memiliki risiko lebih besar untuk mengalami pengerasan pembuluh arteri dan masalah kardiovaskuler.

Pengujian serupa juga dilakukan pada cokelat putih (white chocolate), namun kandungan kokoa yang lebih rendah pada coklat putih tak begitu berperan untuk memperbaiki sirlkuasi darah para perokok, meskipun para peneliti mengaku masih harus melakukan pengkajian lebih lanjut.

Dr. Roberto Corti, seorang ahli kardiologi Rumah Sakit Universitas Zurich, yang juga penggagas penelitian tersebut menekankan bahwa makan coklat hitam bisa mengurangi resiko perokok dengan tingkat stress oxidative tinggi. Berbeda dengan coklat-coklat lain seperti aneka cake chocolate, chocolate praline, chocolate lainnya.

Riset yang dipublikasikan Asosiasi Jantung Amerika itu menjelaskan mengkonsumsi sebatang cokelat setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan memperbaiki daya tahan insulin.

Postingan populer dari blog ini

Kandungan nutrisi di balik warna sayur & buah-Nutritional behind the color of vegetables & fruits

Warna pada buah dan sayur bukanlah sekadar pembeda jenis antara buah dan sayur yang satu dengan lainnya. Lebih dari itu, warna buah dan sayur ternyata merupakan informasi kandungan nutrisinya. Jadi, pilihan buah dan sayuran Anda optimal memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sebaiknya kenali informasi yang ada di balik warna-warnanya. Merah tua atau ungu Buah dan sayur berwarna merah tua bahkan hampir mendekati ungu umumnya mengandung anthocyanin. Sejenis antioksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah, sehingga risiko penyakit jantung dan stroke, berkurang. Buah dan sayur berwarna merah tua atau ungu, antara lain: Cherry, blackberries, blueberries, plum, prem, anggur merah dan ungu, terong ungu, apel merah, kol ungu, pir merah dan cabai merah. Merah Buah berwarna merah mengindikasikan kandungan antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar Anda tid

Mengurangi Sampah Plastik-Reduce Plastic Waste

Tahukah anda diperkirakan bahwa 500 juta sampai 1 milyar kantong plastic dikonsumsi diseluruh dunia setiap tahunnya. Ini berarti bahwa hamper mencapai 1 juta kantong plastic per menit. Bayangkan betapa banyak sampah yang kita hasilkan dan tentunya hal ini menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan kita. Sebuah tayangan di TV menyatakan bahwa satu tas plastic itu setara dengan penggunaan bahan baker minyak untuk menjalankan mobil kecil sejauh 115 meter, dapat dibayangkan berapa energi yang dapat kita hemat seandainya kita tidak menggunakan kantong plastic. Bahkan beberapa Negara di dunia telah memberlakukan peraturan mengenai penggunaan kantong plastic misalnya irlandia memperkenalkan “plastax” 15 sen pada tas plastic sehingga mengurangi penggunaan bahan itu sebesar 90%. Denmark telah merintis hal ini jauh dimasa lampau, yaitu pada tahun 1994 dengan memberlakukan sebuah pajak dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan tas-tas kertas dan plastic sebesar 66%. Pada tahun 2005, para ang